Rabu, 10 Oktober 2012

TUGAS SOFTSKILL

Nama                 : Nada Aviana
NPM                  : 15112197
Kelas                  : 1KA20
Mata Kuliah     : Ilmu Sosial Dasar (softskill)

Peranan Keluarga Bagi Perkembangan Anak

A.    PENDAHULUAN
Keluarga merupakan lingkungan sosial pertama yang dikenal oleh seorang anak. Seorang anak mengenal pertama kali apa itu kehidupan dari lingkungan keluarga masing-masing.
Didalam kehidupan masyarakat banyak kita jumpai perkembangan anak yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Pada saat ini, perkembangan anak sudah mulai menjurus ke arah negatif. Perkembangan dan pertumbuhan anak dapat berjalan secara optimal ke arah yang bersifat positif jika sebuah keluarga memberikan sebuah perhatian yang intensif terhadap anaknya. Untuk itu, peranan keluarga sangat penting bagi perkembangan seorang anak. 

B.     DEFINISI KELUARGA
            Kata  keluarga bukanlah hal asing lagi bagi telinga kita. Tapi apa kita tahu apa definisi dari keluarga itu sendiri?  Berikut dibawah ini beberapa pengertian keluarga dari beberapa ahli:
·         Menurut Bailon dan Maglaya (dalam Erfandi, 2008),  keluarga adalah kumpulan dua orang atau lebih individu yang bergabung karena hubungan darah, perkawinan, atau adopsi, hidup dalam satu rumah tangga, saling berinteraksi satu sama lainnya dalam perannya dan menciptakan dan mempertahankan suatu budaya.
·         Menurut Duvall (dalam Erfandi, 2008), keluarga merupakan sekumpulan orang yang dihubungkan oleh ikatan perkawinan, adopsi, kelahiran yang bertujuan untuk meningkatkan dan mempertahankan budaya yang umum, meningkatkan perkembangan fisik, mental, emosional dan sosial dari tiap anggota.
·         Menurut Lancester dan Stanhope (1992), keluarga merupakan dua atau lebih individu yang berasal dari kelompok keluarga yang sama atau yang berbeda dan saling menikutsertakan dalam kehidupan yang terus menerus, biasanya bertempat tinggal dalam satu rumah, mempunyai ikatan emosional dan adanya pembagian tugas antara satu dengan yang lainnya.


Jadi, dari semua pendapat yang sudah dikemukakan, dapat disimpulkan keluarga adalah kumpulan dua atau lebih individu yang dihubungkan oleh ikatan perkawinan, adopsi, kelahiran, biasanya bertempat tinggal dalam satu rumah.


C.     PERANAN KELUARGA BAGI PERKEMBANGAN SEORANG ANAK

            Peranan keluarga sangatlah besar untuk perkembangan seorang anak.  Bagi seorang anak, keluarga memiliki peran yang sangat penting bagi kelangsungan hidup anak tersebut. Keluargalah yang merangkul kita pertama kali karena sebelum seorang anak mendapat suatu didikan di tempat pendidikan dan lingkungan masyarakat, lingkungan keluargalah yang terlebih dahulu mendidiknya.
Sebuah keluarga  harus bisa memberikan sebuah rasa aman dan kasih sayang yang cukup di dalam rumah karena sebuah keluarga yang baik akan membentuk suatu pribadi anak yang baik. Kebahagiaan keluarga pun menjadi kunci bagi perkembangan dan kebahagiaan seorang anak.
            Kita ambil sebuah contoh, jika sejak kecil seorang anak sudah dibiasakan untuk menabung maka kelak jika sudah besar nanti, anak tersebut akan terbiasa untuk menabung. Jadi, sejak kecil sudah seharusnya kita mendapatkan pendidikan dasar dari lingkungan keluarga seperti menabung, harus selalu taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, berlaku sopan kepada yang lebih tua, cara makan yang benar, beribadah, dan lain-lain.
            Adapun peranan keluarga atau lebih spesifiknya orang tua dalam perkembangan seorang anak:
1.      Orang tua harus bisa meluangkan waktu antara anak dan orang tua untuk memberikan sang anak waktu untuk berbagi cerita tentang apa yang ia alami hari ini, masalah yang sedang melanda pikirannya, dan lain-lain.
2.      Selalu memberikan dorongan dan motivasi kepada anak agar sang anak terus percaya diri dengan apa yang ia punya dalam dirinya.
3.      Memberikan kasih sayang yang cukup.
4.      Mengajarkan pendidikan agama, etika dan norma-norma agar sang anak memiliki pedoman untuk hidup dalam lingkungan masyarakat.
Sebenarnya dampak positif apa yang dihasilkan dari peranan keluarga dalam perkembangan seorang anak? Banyak sekali hal positif yang di dapat, contohnya hubungan antara anak dan orang tua tidak menjauh, tidak membuat sang anak menjadi broken home dan mencegah hal-hal yang akan menjerumuskan sang anak ke dalam hal negatif.


A.    KESIMPULAN

Kesimpulan yang dapat kita tarik dari artikel di atas adalah perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh kedaaan atau kondisi dari lingkungan keluarga masing-masing. Perkembangan anak akan sangat terpengaruh dari pola cara mendidik orang tua dan keadaan keluarga itu sendiri. Seperti pepatah "Buah jatuh tidak akan jauh dari pohonnya", sikap seorang anak tidak akan jauh dari orang tuanya. Maka dari itu, untuk menjadikan kepribadian anak lebih baik, sebuah keluarga harus berperan dalam mencetak kepribadian seorang anak.


E.     DAFTAR PUSTAKA
http://forbetterhealth.wordpress.com/2008/12/04/konsep-keluarga/
http://dr-suparyanto.blogspot.com/2011/10/pengertian-keluarga.html





Tidak ada komentar:

Posting Komentar