Manajer
Proyek (Project
Manager) adalah seseorang yang brtindak sebagai pimpinan dalam suatu proyek. PM
ini sangat berperan penting dalam adanya suatu proyek, karena kegagalan dan
keberhasilan dari proyek tersebut di tentukan oleh PM itu sendiri.
Untuk menjadi seorang PM yang baik diperlukan beberapa
kriteria khusus agar proyek berhasil dengan baik. Kriteria tersebut dilihat
dari berapa sisi diantaranya :
·
Karakter
dari Kepribadinya
·
Karakteristik
dari Kemampuan Terkait dengan Proyek yang Dikelola
·
Karakteristik
Kemampuan Terkait dengan Tim yang Dipimpin
1. Karakter dari
Kepribadiannya
·
Harus
memahami dan menguasai semua hal baik secara teori maupun teknis terhadap
proyek yang sedang di tangani.
·
Memiliki
pengalaman dan keahlian yang berkaitan dengan proyek yang sedang dikelola.
·
Sebagai
seorang yang mengambil keputusan, maka harus mampu bertindak secara adil dan
bertanggung jawab.
·
Memiliki
wibawa, mampu beradaptasi dan bergaul dengan bawahan sehingga tidak ada
kesenjangan antara atasan dan bawahan.
2. Karakteristik dari
Kemampuan Terkait dengan Proyek yang Dikelola
·
Memiliki
komitmen yang tinggi untuk meraih tujuan serta keberhasilan proyek.
·
Mampu
menyelesaikan proyek sesuai dengan waktu dan anggaran yang diberikan.
·
Membuat
dan melakukan rencana darurat untuk mengantisipasi hal-hal maupun masalah tak
terduga.
·
Mampu
membuat perencanaan dalam jangka panjang dan jangka pendek.
·
Memiliki
kemauan untuk mendefinisikan ulang tujuan, tanggung jawab dan jadwal selama hal
tersebut ditujukan untuk mengembalikan arah tujuan dari pelaksanaan proyek jika
terjadi jadwal maupun anggaran yang meleset.
3. Karakteristik
Kemampuan Terkait dengan tim yang Dipimpin
·
Mampu
bersosialisasi dengan bawahan atau anggota tim.
·
Mampu
membangun kedisiplinan secara structural
·
Memiliki
kemampuan dan keahlian berkomunikasi serta manjerial.
·
Menghormati
para anggota tim kerjanya serta mendapat kepercayaan dan penghormatan dari
mereka.
·
Memiliki
kepercayaan yang tinggi kepada para profesional terlatih untuk menerima
pekerjaan-pekerjaan yang didelegasikan darinya.
·
Berbagi
sukses dengan seluruh anggota tim.
·
Mampu
menempatkan orang yang tepat di posisi yang sesuai.
·
Memberikan
apresiasi yang baik kepada para anggota tim yang bekerja dengan baik.
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar